Wednesday, February 9, 2011

Kersen ku TERCINTA !

Orang sunda dan banjar, kebanyakan menyebutnya buah kersen, dan mungkin juga beberapa daerah lain. Apapun namanya tanaman buah ini tak hanya meneduhkan, tapi rasa buahnya manis, warnanya merah hati jika matang. hmmm yummi. Besarnya kira2 berdiameter 1-2 cm, dan wanginya khas, karena itu nggak sedikit yang suka buah kersen ini. Termasuk aku..

Dari jaman masih SD, Aku langsung jatuh cinta sama buah kersen ketika pertama kali dikenalin sama buah kersen ini di Batu Jajar. Rasanya manis! Pohonnya bercabang banyak, jadi gampang dipanjatin. Secara dari kecil aku seneng manjat, hehe.

Sampe sekarang aku masih suka sama buah kersen, dan masih suka manjat tentunya (walopun rada malu, kan udah bukan anak kecil lagi :p ). Dan kebetulan di halaman kampus dan dibelakang lab. Farmatologi ada pohon kersen. Buahnya sering aku petik. Waktu awal2 kuliah sih, buah kersen nya cuma sedikit. Sekarang, semakin bertambah besar pohonnya, buahnya semakin banyak. Dan semakin seringnya juga aku 'panen' :D

Ternyata, ke "hobby"an makan buah kersen bukanlah tanpa manfaat, setelah searching2 di web, buah yang bernama latin Muntingia calabura ini per 100 gram nya memiliki kandungan air 76.3 gram, protein 2.1 gram, lemak 2.3 gram, karbohidrat 17.9 gram, serat 6 gram, ash 1.4 g, kalsium 125 mg, fosfor 94 mg, vit A 0.015 mg, vit c 90 mg, dengan total kalori 380 kj. Sederet gitu!! hebat ya! Pohon yang mudah tumbuh di mana aja (nongol di retakan lantau beton sekalipun bisa!), dan nampak tidak ada harganya ini ternyata memiliki kandungan zat-zat yang baik untuk tubuh. Tuhan memang tidak pernah tanpa alasan dalam menciptakan apapun. Subhanallah~!

Sayangnya,
tanaman liar yang belum dimanfaatkan secara optimal, saat ini hanya sebagai pemuas selera anak-anak kecil dan aku tentunya. hahaha ~

7 comments:

Fisikawan Pengoler said...

wahahahaa....ini to yang namanya pohon kersen...hiihi

Kimie said...

yoii..
pernah nyoba?

Achito said...

jangan gunakan kata tercinta....
Q sarankan gunakan kata tersuka...
bwehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe

kingly said...

gmna sh rasa nya,,,, apa lbh manis dr pda cinta nya,,, heeeeeeee

Kimie said...

adit, kenapa memang?

jan, entahlah...
tpi jujur,, aq blum pernah makan cinta.. jdi gag tw rasax. hha

Fisikawan Pengoler said...

ya jelas lah......belum. hahaha

Kimie said...

nanti ulun kasih tau..